Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Tumbuhan Yang Berkembang Biak Dengan Geragih Di Lingkungan Kita

contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih
8 Tumbuhan Yang Berkembang Biak Dengan Geragih Di Lingkungan Kita


Geragih merupakan salah satu alat reproduksi vegetatif alami pada tumbuhan. Biasanya, tanaman yang berkembang biak dengan kuat memiliki batang yang lunak. 


Penjelasan: 


Geragih atau stolon adalah modifikasi batang yang tumbuh menyamping dan pada ruas-ruasnya tumbuh tumbuhan baru. Geragih adalah cabang batang yang mengalami perubahan bentuk dan penambahan fungsi. Geragih biasanya memiliki buku dan segmen. Dari ruas-ruas tersebut akan muncul fishes yang dapat menjadi tanaman baru. Setelah beberapa lama tanaman ini tumbuh memanjang dan menjauhi induknya kemudian menekuk ke atas membentuk individu baru. Dengan demikian, geragih merupakan alat kelangsungan hidup bagi spesies untuk menjaga kelestariannya. 


Geragih merupakan alat perbanyakan vegetatif yang biasanya dikembangkan oleh tanaman herba. Stolon dapat ditemukan misalnya pada stroberi (strawberry), rumput gering Cynodon dactylon, teka-teki, pegagan, dan eceng gondok (Eichornia crassipes). Pada kentang, geragih dapat berkembang lebih lanjut menjadi umbi batang. 


"Tanaman baru akan tumbuh di buku geragih dan tidak lagi bergantung pada induknya. Gergih banyak tumbuh dan menyebar di permukaan tanah dalam bentuk buku," tulis laman Ayo Guru Sharing Kemendikbud, dikutip dari Matadia.com


Organ reproduksi vegetatif alami geragih sering disebut dengan stolon. Sepintas tampak seperti batang modifikasi yang tumbuh menyamping atau mendatar. 


Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan giat biasanya berasal dari jenis hewan. Tumbuhan ini tidak sulit ditemukan di lingkungan sekitar tempat tinggal manusia. Berikut contohnya, 


8 tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih:


  • Stroberi ( fragaria sp )

Stroberi memiliki batang basah dan tumbuhannya pendek, buahnya memiliki biji di luar. Stroberi adalah salah satu tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih.


  • Arbei ( Rubus rosaefolius )

Arbei merupakan buah yang unik dengan sejuta manfaat nya dari batang, buah dan daun, daun arbei bisa di buat pakan untuk ulat sutra dan merupakan salah satu tumbuhan yang berkembang biak dengan daun geragih.


  • Semanggi ( Marsilea )

Marsilea crenata Presl. atau yang biasa dikenal dengan nama lokal semanggi. Merupkan tanaman yang sudah tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya daerah Surabaya, Jawa Timur. Tanaman ini dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam kuliner khas kota pahlawan yang legendaris, yakni pecel semanggi. geragih merupakan alat perkembang biak untuk tanaman satu ini.


  • Pegagan atau antanan ( Centella asiatica )

Pegagan adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat dalam pengobatan dan juga bisa dikonsumsi. Pegagan berkembang biak dengan geragih atau stolon.


  • Rumput teki ( Cyperus rotundus )

Rumput Teki berkembang biak secara vegetatif menggunakan geragih atau stolon. Biasanya kita menemukan rumput teki sebagai gulma.


  • Eceng gondok ( Eichornia crassipes)

Eceng gondok merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih, tumbuhan satu ini bergitu unik dapat dihidup di atas air dan bisa juga di jadikan bahan kerajinan tass dan topi.


  • Kentang ( Solanum tubersum )

Kentang  merupakan tumbuhan menjalar dan buah nya enak di jadikan bahan makan , kentang merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan stolon atau geragih.


  • Rumput grinting ( Cynodon dactylon )

Rumput grinting merupakan Tanaman pengganggu atau biasa disebut dengan gulma yang selama ini diberantas menggunakan herbisida oleh para petani ternyata mempunyai manfaat di bidang kesehatan. dan tumbuhan satu ini berkembang biak dengan stolon atau geragih.


Untuk kentang, geragih melakukan modifikasi untuk menghasilkan umbi batang. Hasil modifikasi vegetatif alami kentang biasa dikonsumsi manusia dalam kehidupan sehari-hari. 


Geragih bukanlah satu-satunya alat perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan. Cara lain adalah rimpang atau akar tinggal, spora, umbi, umbi batang, umbi akar, fishes, dan fishes adventif. 


Vegetatif adalah cara tumbuhan berkembang biak atau berkembang biak tanpa kawin. Metode vegetatif alami menunjukkan tanpa campur tangan manusia, sehingga berbeda dengan stek atau cangkok. 


Bagaimana kabarmu, apakah sudah jelas tentang tumbuhan yang berkembang biak dengan subur? Selamat belajar.


berikan contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih, contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih, contoh tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan geragih adalah, tumbuhan

Post a Comment for "8 Tumbuhan Yang Berkembang Biak Dengan Geragih Di Lingkungan Kita"