Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ayam Berkembang Biak Dengan Cara Seperti Ini

 

berkembang biak
Ayam Berkembang Biak Dengan Cara Seperti Ini



Ayam Berkembang Biak Dengan Cara Seperti Ini | Hari ini, 4-6 teman SD sedang belajar materi Peternakan Hewan di program TVRI Belajar dari Rumah 


Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembang biak dan berkembang biak. Begitu juga dengan hewan, mereka mengalami pertambahan berat badan, tinggi badan, dan pertambahan ukuran tubuh. 


Kali ini kita akan membahas tentang reproduksi pada hewan, dengan tiga cara reproduksi yaitu dengan bertelur, melahirkan, dan yang terakhir yang unik adalah bertelur dan melahirkan. Jika unggas berkembang biak dengan bertelur, maka mamalia berkembang biak dengan melahirkan, dan reptil seperti ular berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan. Kali ini kita akan membahas tahapan-tahapan beternak ayam dan ciri-ciri lengkapnya. 


Setelah melewati fase dalam telur, menetas menjadi anak ayam, fase terakhir dari siklus hidup ayam adalah menjadi ayam dewasa. Biasanya ayam betina dewasa sudah siap untuk dibuahi dan memiliki telur yang cukup ketika berumur 7-8 bulan. Ciri-ciri ayam dewasa terlihat dari bola mata yang menonjol ke dalam dan bersih, kaki kering dan jari kaki memanjang, serta permukaan bulu mengkilat dan mengkilat. 


Setelah diasuh oleh induknya, anak ayam akan menjadi ayam dewasa. Tubuhnya akan bertambah besar dan berat badannya akan bertambah. 


Ayam tidak berubah bentuk. Mereka hanya mengalami peningkatan ukuran dan berat. 


Itulah pembahasan tentang beternak ayam dan ciri-ciri setiap tahapannya, semoga dengan pembahasan ini pengetahuan kita bertambah. 


Ayam Berkembang Biak Dengan Bertelur 


Perbedaan ayam jantan dan betina dapat dilihat dari penampilan fisik ayam, mari kita bahas perbedaan fisik antara ayam jantan dan betina: 


Pembeda ayam jantan dan betina ketika sudah dewasa biasanya terlihat dari jambul di kepalanya. Ayam jantan biasanya memiliki jambul yang berwarna merah dan tinggi. 


Ternyata masih banyak ciri-ciri lain yang bisa diperhatikan untuk membedakan ayam betina dan jantan. Melansir dari Modern Farmer, ada lima kriteria yang begitu melekat pada ayam untuk bisa membedakan jenis kelaminnya. 


  • Bertelur 


Kebiasaan bertelur tentunya dimiliki oleh induk ayam. Mereka biasanya tidak bertelur sampai mereka berusia enam bulan. Jika seekor ayam telah melewati usia enam bulan dan bertelur, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah betina. 


  • Rambut 


Dengan memperhatikan bulunya, seseorang dapat membedakan antara ayam betina dan ayam jantan. Ayam memiliki bulu leher yang lebih bulat dan lebih pendek. Sedangkan ayam hatan memiliki bulu yang lebih panjang dan runcing. Ayam jago identik dengan bulu yang lebih panjang dan runcing, serta bulu pelana dan bulu ekor. 


  • Ukuran kaki 


Ayam jantan memiliki kaki yang lebih tebal daripada betina. Pada beberapa ras, ayam jantan memiliki taji yang tajam dan runcing di kakinya. Pada usia enam bulan, taji ayam jantan akan kurang dari 1/3 inci panjangnya. 


  • Perilaku 


Ayam jantan memiliki endurance dan kekuatan lebih dari betina, dimana ayam betina lebih pemalu. Selain itu, ayam jantan lebih suka memerintah bahkan ketika mereka masih muda. 


  • Sisir 


Sisir ayam merah terletak di atas kepala. Baik ayam maupun jantan memiliki jambul. Saat ayam jantan dewasa, jambulnya akan membesar dan lebih menonjol daripada ayam betina. 


Artikel ini dibuat untuk membantu memberikan pengetahuan yang lebih luas tentang pembiakan hewan. jangan lupa dan bagikan artikel ini agar teman-teman bisa mendapatkan ilmu ini, terima kasih semuanya


Sumber : matadia.com

Post a Comment for "Ayam Berkembang Biak Dengan Cara Seperti Ini"