Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bunga Gantung Di Teras Rumah Yang Cantik

Bunga Gantung
Bunga Gantung Di Teras Rumah Yang Cantik


Bunga Gantung Di Teras Rumah Yang Cantik | Merawat berbagai jenis bunga gantung di teras rumah akhir-akhir ini cukup populer di kalangan masyarakat. Selain bisa mempercantik rumah, tanaman hias gantung juga tidak memakan banyak tempat. Ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki lahan cukup terbatas. 


13 Bunga Gantung Di Teras Rumah


Ada berbagai jenis bunga gantung yang bisa Anda rawat di rumah. Setiap jenis memiliki warna dan bentuk daun yang sangat indah. Penasaran? Berikut 26 jenis bunga gantung di teras rumah yang bisa Anda pilih: 


1. Bunga Petunia 


Petunia adalah salah satu bunga gantung yang withering populer. Tanaman ini memiliki bunga dengan beberapa pilihan warna seperti merah, pink, kuning, ungu dan beberapa warna lainnya. Petunia merupakan jenis tanaman yang cukup mudah perawatannya. Yang harus Anda lakukan adalah menempatkan tanaman ini di tempat yang tidak kekurangan sinar matahari, rajin menyiram, dan menggunakan pot bunga yang memiliki drainase yang baik. 


Beberapa jenis bunga Petunia yang banyak diminati adalah : 


  • Littletunia 
  • Potunia 
  • Prisma Petunia 
  • Cascadia Petunia 
  • Crazytunia 
  • Sinar Vena Ungu Petunia 
  • Petunia Kuning Gelombang Mudah 
  • Petunia Bravo 
  • Grandiflora 
  • Petunia Ultra Star 
  • Petunia Kandy Kane 
  • Langit Malam Ungu 
  • Petunia Beludru Hitam 
  • Gelombang kejut 
  • Pink Petunia Sweetunia Suzie Storm 


2. Bunga Verbena 


Mungkin bagi sebagian orang tanaman ini masih cukup asing karena jarang terdengar. Bunga Verbena berasal dari Asia dan Amerika. Di Indonesia, tanaman ini dapat ditemukan di Gunung Semeru. Tepatnya di dataran sekitar Ranu Kumbolo. 


Bunga Verbena bisa hadir dalam beberapa pilihan warna seperti ungu, biru, dan pink. Saat merawatnya sebagai tanaman hias di depan rumah, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan: 


  1. Beri pupuk secara teratur sebulan sekali 

  2. Jika media tanam mengeras dan kering, segera ganti dengan yang baru. Gunakan media tanam dengan drainase yang baik 

  3. Verbena menyukai media tanaman yang lembab, penyiraman yang berlebihan juga tidak baik karena air yang tergenang dapat merusak akar tanaman 

  4. Lakukan pemangkasan secara rutin agar bunga Verbena menjadi lebih rimbun 


3. Bunga Geranium 


Bunga geranium adalah tanaman yang awalnya berasal dari Afrika dan akhirnya menjadi salah satu jenis bunga gantung yang withering populer di seluruh belahan dunia. Ada lebih dari 300 spesies tanaman ini dengan bentuk daun dan bunga yang hampir mirip. 


Daun bunga geranium biasanya cukup tebal dengan ukuran berkisar antara 2-7 cm. Untuk batangnya sendiri rata-rata hanya bisa tumbuh setinggi 1 meter. Selain sebagai tanaman hias, beberapa manfaat bunga geranuim adalah: 


  1. Menyembuhkan luka 
  2. Bisa mengusir nyamuk 
  3. Menjaga kesehatan kulit 
  4. Meningkatkan daya tahan 
  5. Bunga Nasturtium 


Apakah Anda tahu? Ternyata bunga Nasturtium banyak digunakan sebagai campuran mentega dan salad. Tanaman dengan warna bunga yang beragam ini ternyata menjadi salah satu jenis tanaman hias yang withering disukai untuk dikonsumsi. 


Bahkan, tidak jarang para Chef di restoran mahal menggunakan bunga ini sebagai hiasan pada kue. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan ini juga bisa dijadikan campuran mayonaise. Bagaimana? Apakah Anda ingin merawat bunga Nasturtium sekaligus ingin mencicipinya? 


4. Bunga Begonia 


Anda bisa menjadikan bunga begonia sebagai salah satu pilihan bunga gantung di teras rumah. Salah satu jenis Begonia yang banyak dijadikan tanaman gantung adalah Begonia Sejuta Ciuman karena bunganya akan mekar sepanjang musim panas. 


Cara merawat bunga begonia juga cukup mudah. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat tanaman begonia: 


  • Segera bersihkan pot jika terserang gulma 
  • Lakukan pemupukan rutin sebulan sekali 
  • Jika ada bagian yang layu dan mati, segera potong agar tidak menyebar ke bagian lain 
  • Jika terserang hama, segera semprot dengan obat against hama 


Karena bunga begonia tidak memakan banyak tempat, Anda juga bisa memadukannya dengan tanaman lain. Hal ini tentu membuat teras Anda semakin cantik bukan? 


5. Bunga Fuchsia 


Fuchsia memiliki bunga yang berbentuk seperti liontin dan akan mekar dalam waktu yang cukup lama. Tanaman ini juga dikenal sebagai Bunga Anting India. Merawat tanaman ini sebagai penghias akan memberikan nuansa tropis pada teras Anda. 


Jika Anda ingin menanam bunga Fuchsia, lakukan di musim panas. Teras yang rindang merupakan lokasi yang tepat untuk meletakkan tanaman ini. Lakukan penyiraman insignificant dua kali seminggu untuk menjaga kelembaban tanah. 


6. Bunga Lantana 


Bunga Lantana adalah tanaman hias yang berasal dari daerah tropis dan subtropis Amerika Utara dan Tengah. Tanaman ini menyukai lingkungan yang hangat dengan paparan sinar matahari yang cukup. Menjaga kelembapan media tanam menjadi salah satu kunci sukses dalam merawat bunga Lantana. 


Di natural surroundings aslinya, tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 180 cm. Sebagai tanaman hias, bunga Lantana dapat tumbuh hingga ketinggian 60 cm. 


7. Bunga Susan Bermata Hitam 


Bunga Black Eyed Susan juga dikenal sebagai Rudbeckia Fulgida. Tanaman ini disebut Black Eyed karena lingkaran hitam di tengah bunga. Bunga ini berasal dari daerah di Amerika Utara dan merupakan salah satu jenis tumbuhan liar yang withering populer sebagai tanaman hias. 


Beberapa kultivar bunga Black Eyed Susan yang populer adalah: 


  1. Gloriosa Daisy 
  2. Matahari Terbenam Cherokee 
  3. emas 
  4. Toto Lemon 
  5. Emas Burung Awal 
  6. padang rumput matahari 
  7. Musim Panas India 
  8. Herbstonne 
  9. Henry Eilers 

8. Bunga Portulaca Grandiflora 


Bunga Portulaca Grandiflora memiliki nama lain seperti Moss Rose, Rose Moss, Moss-rose Purslane, Mexican Rose, Sun Rose, dan Rock Rose. Sedangkan di Indonesia tanaman ini dikenal juga dengan nama Purslane Rose. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini bisa tumbuh hingga 25 cm. 


Sebagai tanaman hias, Purslane Rose menyukai sinar matahari dan sangat cocok digunakan sebagai jenis bunga gantung di teras rumah. Bunga tanaman ini memiliki berbagai warna seperti kuning, putih, merah, dan oranye. 


Beberapa jenis bunga Portulaca yang cukup populer adalah: 


  • Sundance 
  • Portulaca Umbraticola 
  • Jam bayangan matahari 
  • Kalipso 
  • Krokot Kuning 
  • Anggur Teratai 


9. Lotus Vine


Lotus Vine juga dikenal sebagai Parrot Golden Parrot. Ini adalah tanaman tahunan yang berasal dari Kepulauan Canary. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 20 cm dan sangat cocok sebagai bunga gantung di teras rumah. 


Warna bunga Lotus Vine adalah kuning hingga keemasan. Agar tanaman ini tumbuh dengan baik, letakkan di tempat yang tidak kekurangan sinar matahari. Kondisi tanah yang sedikit asam masih bisa ditoleransi asalkan memiliki drainase yang baik. 


Meskipun bunga Lotus Vine cukup toleran kekeringan, tetap disarankan untuk menjaga media tanam dalam kondisi lembab. Jika Anda ingin menerapkan pupuk, lakukan di musim panas. 


10. Bunga Lobelia 


Lobelia adalah jenis tanaman dengan bentuk daun yang rimbun dan terlihat cukup rapi. Warna bunga tanaman lobelia juga bervariasi, seperti biru, ungu, dan putih. Jika Anda sedang mencari bunga gantung yang tahan panas, maka Lobelia adalah solusinya. Agar tanaman ini tumbuh dengan baik, selalu jaga kelembapan tanah dan berikan pupuk cair secara teratur untuk merangsang pertumbuhannya. 


Selain sebagai tanaman hias, bunga lobelia juga sering digunakan sebagai obat natural untuk mengobati berbagai penyakit seperti: 


  • Meredakan gejala asma dan masalah pernapasan 
  • Mengatasi depresi 
  • Mengurangi gangguan penggunaan narkoba 
  • Meredakan gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) 
  • Bermanfaat sebagai against oksidan 


Meskipun lobelia merupakan tanaman gantung yang bermanfaat, mohon konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi tanaman ini. Beberapa efek samping yang mungkin timbul antara lain mati rasa di mulut, mual, peningkatan tekanan darah, dan meninggalkan rasa pahit di mulut setelah dikonsumsi. 


11. Bunga Kacang Manis 


Sweet Pea adalah jenis tanaman merambat yang memiliki bunga dengan bau yang cukup harum. Tanaman ini juga dikenal sebagai Lathyrus Odoratus. Sebagai jenis bunga gantung, Sweet Pea sudah dikenal di Eropa sejak abad ke-17. Mediterania Timur diyakini sebagai daerah asal tanaman ini. 


Bentuk bunganya yang kecil namun mencolok membuatnya sangat cocok sebagai hiasan gantung. Tanaman ini menyukai sinar matahari penuh. Meski Sweet Pea merupakan bunga gantung tahan panas, tak ada salahnya jika Anda meletakkannya di tempat yang teduh seperti teras. 


12. Bunga Alyssum Manis 


Sweet Alyssum adalah tanaman yang berasal dari wilayah Mediterania dan Perancis. Tumbuhan ini suka hidup di pantai, perbukitan berpasir, dan juga di lereng bukit. Sebagai tanaman hias, Sweet Alyssum bisa dikatakan cukup pendek karena tingginya hanya mencapai sekitar 30 cm. 


Warna bunga tanaman ini cukup bervariasi, seperti putih, kuning, ungu, pink, dan krem. Tidak hanya sebagai tanaman hias, pada zaman dahulu bunga ini digunakan untuk mengobati penyakit rabies. Di beberapa daerah tanaman ini bahkan dijadikan sebagai lambang keperawanan. 


Selain warna bunganya yang cerah, Sweet Alyssum juga memiliki bau yang harum seperti smell madu dan menjadikannya sebagai jenis bunga gantung yang banyak diminati. Namun, di balik keindahannya ternyata tanaman ini bisa menyebabkan dermatitis bagi mereka yang memiliki riwayat alergi. 


13.Bunga Sejuta Lonceng 


Million Bells bisa dikatakan miniatur bunga Petunia karena ukurannya yang lebih kecil. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 25 cm dengan warna bunga yang beragam seperti ungu, biru, pink, merah, kuning, dan putih. 


Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini relatif mudah perawatannya. Mereka suka tinggal di tanah yang lembab dengan sistem drainase yang baik. Meski cukup toleran terhadap sinar matahari langsung, menempatkan bunga ini di tempat yang teduh bisa membuat bunga ini hidup lebih lama. Sebagai tanaman hias kekinian, teras Anda akan terlihat lebih cantik dengan merawat Million Bells. 


Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah minimalis Anda lebih menawan. Salah satunya dengan menggunakan tanaman rambat sebagai

Post a Comment for "Bunga Gantung Di Teras Rumah Yang Cantik"