Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Tumbuhan Yang Berkembang Biak Secara Generatif

 

10 Tumbuhan Yang Berkembang Biak Secara Generatif
10 Tumbuhan Yang Berkembang Biak Secara Generatif 


Seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga berkembang biak. Salah satu caranya, tumbuhan berkembang biak secara generatif. Apa itu reproduksi generatif? 


Menurut buku Seri Ilmiah: Perkembangbiakan Makhluk Hidup karya Sri Winarsih, S.Pd., reproduksi generatif adalah perkembangbiakan makhluk hidup dengan cara meleburnya sel kelamin jantan dengan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina melalui expositions perkawinan ( pembuahan) untuk membentuk zigot yang akan berkembang. menjadi individu baru 


Sama seperti organisme lainnya, tumbuhan juga mengalami perkembangbiakan (reproduksi). Expositions perkembangbiakan pada tumbuhan dapat berlangsung baik secara generatif maupun vegetatif. 


Pernahkah Anda membayangkan bagaimana pohon mangga bisa tumbuh dan menghasilkan individu baru? Di dalam buah mangga terdapat biji yang akan tumbuh membentuk pohon manga baru dan nantinya akan menghasilkan bunga dan buah seperti induknya. 


Perkembangbiakan dengan menggunakan biji (secara generatif) umumnya terjadi pada tumbuhan berbiji (spermatophyta), baik tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae) maupun tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae). Dalam perkembangbiakan tumbuhan dengan menggunakan biji, bunga merupakan alat perkembangbiakan generatif


Bunga pada tumbuhan berguna sebagai alat pembentuk sel kelamin, yang nantinya sel kelamin tersebut akan melebur membentuk biji. Penyatuan sel kelamin dapat disebut sebagai expositions pembuahan. Expositions ini hanya dapat terjadi jika serbuk sari telah menempel pada kepala putik (penyerbukan). 


Benang sari (stamen) dan putik (pistillum) adalah alat kelamin bunga. Benang sari adalah alat kelamin jantan yang terdiri dari kepala sari (fillamentum), kepala sari (anthera), dan dua atau lebih benang sari, sedangkan putik adalah alat kelamin betina yang terdiri dari bakal buah (ovarium) di pangkal dan tangkai putik (pointer). ) yang berakhir dengan shame (disgrace). 


Dikutip dari buku IPA Terpadu SMP dan MTs Kelas IX Semester 1 3A yang ditulis oleh Mikrajuddin, dkk (2007:35), pembuahan hanya akan terjadi jika didahului dengan expositions penyerbukan. Penyerbukan adalah expositions menempelnya serbuk sari pada kepala putik. 


10 Tumbuhan Yang Berkembang Biak Secara Generatif 


Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan biji dalam biologi adalah: 


  1. mangga 
  2. Jambu biji 
  3. Kedelai 
  4.  cabai 
  5. Tomat 
  6. Kacang hijau 
  7. apel 
  8. Belimbing 
  9. Jeruk 
  10. Anggur 


Itulah penjelasan tentang cara tumbuhan berkembang biak dan contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan biji dalam biologi. Saya harap informasi ini bermanfaat! 


Reproduksi generatif pada tingkat rendah dapat terjadi dengan cara berikut: 


  • 1. Konjugasi, reproduksi generatif pada tumbuhan yang alat kelaminnya belum jelas. Contoh: ganggang sekrup, jamur, dan bakteri. 

  • 2. Fusi gamet, pada beberapa tumbuhan tingkat rendah, sel kelamin jantan dan betina memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Contoh: Chlamydomonas. 

  • 3. Spora, spora terdapat di bagian bawah daun. Contoh: lumut dan paku-pakuan. 


Matadia.com Itulah penjelasan tentang tumbuhan yang berkembang biak secara seksual dengan menggunakan biji atau perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan tingkat rendah. Semoga bermanfaat, matakers ! 



tumbuhan yang berkembang biak secara generatif menggunakan  brainly, tumbuhan yang berkembang biak secara generatif menggunakan hal berikut ini kecuali, tumbuhan

Post a Comment for "10 Tumbuhan Yang Berkembang Biak Secara Generatif "