Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ayam Bangkok Super Kualitas Dan Jenisnya

ayam bangkok super
Ayam Bangkok Super Kualitas Dan Jenisnya


Ayam bangkok super merupakan hewan peliharaan yang identik dengan penghobi ayam aduan di berbagai daerah nusantara. Seperti namanya "BANGKOK" ayam ini berasal dari Thailand yang sudah ada sejak zaman dahulu. Tapi apakah itu benar? Mari kita mengupasnya bersama-sama. 


Secara fisik ayam ini memiliki karakter perkuatan dan postur tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ayam ras lokal. Tidak hanya itu, sebagian besar penghobi Bangkok ini adalah mereka yang menyukai sabung ayam. Namun fakta di lapangan cukup berbeda, pasalnya penghobi dari kalangan bawah hingga menengah cukup beragam. Karena pemikiran negatif yang sudah merambah masyarakat jika pemilik ayam bangkok adalah ayam botoh. 


Oleh karena itu, berikut ini kami akan memberikan beberapa penjelasan terkait ayam bangkok ini untuk dipelajari bersama. Karena kini beternak ayam bangkok tidak hanya identik dengan aduan, alhasil tetap bisa dinikmati sebagai ras hias dengan kelebihan dan keunikan tersendiri. 


Sejarah Ayam Bangkok 


Menurut catatan sejarah, orang Thailand menemukan ayam aduan handal baru yang disebut King's Chicken sekitar 1 abad yang lalu. Kehebatan ayam ini memiliki gerakan yang sangat cepat dan pukulan yang sangat mematikan. Kemudian orang Cina menyebutnya Leung Hang Qhao atau lebih dikenal dengan ayam bangkok


Karena ketangguhan ayam bangkok dari negeri gajah putih telah mengalahkan semua jenis ayam lokal asal China, maka masyarakat China play on words berpetualang di hutan untuk mencari ayam kampung lainnya untuk kemudian disilangkan dengan bangkok. 


Akhirnya pada tahun 40-an, Laos telah berhasil menemukan ayam aduan yang cukup untuk melawan ayam bangkok. Setelah kawin silang massal mereka juga kesulitan membedakan ayam aduan Bangkok dengan ayam aduan Laos. Diketahui ada beberapa nama peternak dan ayam botoh yang layak masuk dalam sejarah Thailand dan Laos, yakni Vaj Kub, Kolonel Ly Xab and Xiong Cha Is. 


Ayam bangkok milik Vaj Kub pada tahun 1975 pernah merajai Nampang, tempat yang merupakan ajang adu ayam bergengsi di Thailand saat itu. 


Selain itu, ayam lokal dari Malaysia yang berasal dari kota Socra juga mengalahkan ayam Bangkok, namun pada periode berikutnya, Mr. Thao Chai berhasil mengalahkannya. Akhirnya Pak Thao ini memberi nama ayamnya Diaomond/Van Phet. Demikian sedikit informasi terkait sejarah ayam bangkok dari kami yang dapat kami sampaikan. 


Ciri-ciri Ayam Super Bangkok 


Untuk mengetahui ciri-ciri ayam bangkok super ini sebenarnya ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan patokan sobat. Sederhananya, ayam bangkok super adalah jenis ayam BK klasik yang masih kental dengan genetika bangkok. Sehingga kesatuan antara fisik bisa lebih unggul misalnya mental, postur, struktur tulang dan gaya bertarung. 


Apalagi ayam bangkok klasik identik dengan penghobi ayam yang dinilai dari berbagai aspek menurut orang tua zaman dahulu. Nah, untuk mengetahui ciri-cirinya, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini: 


Struktur tulang 


Hal pertama yang sobat amati adalah dari struktur tulang tubuhnya, ketebalan tulang merupakan tanda ayam yang ideal, selain bagus untuk berkembang biak, juga memiliki kekuatan untuk menahan pukulan lawan. 


Selanjutnya adalah kepadatan tulang leher yang merupakan struktur utama bagi narapidana agar tidak terkena musuh yang keras. Jika jaraknya cukup renggang, bisa dipastikan ayam mudah kalah dan sulit memenangkan pertarungan. Karena dengan memiliki ruas yang rapat sekaligus menjadi sumber kekuatan bagi ayam, biasanya ayam jenis ini lebih berpeluang untuk menyerang dengan kuat sekaligus bertahan. 


Postur badan 


Yang kedua adalah tubuh ayam bangkok super yang memiliki tubuh tegak dan cukup empuk saat kita pegang. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membedakan memanggangnya dengan beberapa ayam lainnya. 


Karena ayam yang berkualitas baik tidak terlalu tebal dan kecil. Jadi akan bagus dengan media, tetapi ingatlah beberapa aspek penting lainnya. Oleh karena itu sobat perlu kejelian yang sangat dalam memilih ayam bangkok yang berkualitas super. 


Model and Bentuk Kepala 


Tahap ketiga dalam mengetahui ciri-ciri ayam bangkok super adalah bentuk kepalanya yang menyerupai buah pinang namun karakternya cukup tebal dan besar. Karena dengan ini dapat menunjukkan jenis ayam aduan yang tangguh dan mental menyerah yang tiada tara. 


Selain itu, penting juga untuk memperhatikan paruhnya, sehingga sangat disarankan jika paruhnya berbentuk, tidak terlalu tebal/tipis dan panjangnya ideal. Biasanya ayam yang memiliki paruh seperti ini memukul dengan sangat keras dan tidak bertahan begitu saja. Karena dari pengalaman kami, jika ayam memiliki paruh yang tebal, cenderung memakan waktu lama untuk mematuk dan pukulannya kurang efektif. 


Bentuk Mata 


Ciri keempat adalah bentuk mata sebagai indra ketajaman utama saat bertarung. Keistimewaan dari ayam bangkok super umumnya dicirikan oleh mata yang memiliki bentuk cekung dari bagian kepala namun tidak terlalu dalam sehingga terlihat sipit. 


Selain itu, retina mata ayam bangkok memiliki warna yang mirip dengan sisik kaki dan paruhnya. Kalau orang Jawa biasa menyebutnya tembus pandang, apalagi jika diseragamkan dengan warna bulu ayam bangkok. 


Bentuk Sisir Ayam Bangkok 


Setelah mengetahui dari sisir selanjutnya yaitu dari bentuk sisir. Sebutan pada ayam bangkok yang baik didasarkan pada jengger yang berbentuk blangkon dan simetris. Sehingga dari karakter sisirnya tidak begitu besar dan kecil, bahkan tidak menempel pada satu arah kepalanya. 


Kami mendapat informasi ini dari nenek moyang kami untuk memilih ayam bangkok klasik dengan kualitas super. Bahkan ayam bangkok juga identik dengan istilah katuranggan. Mungkin sebagian dari sobat awam masih bingung dengan sebutannya. Jadi mari kita beralih ke diskusi yang lebih rinci. 


Kaki Ayam Super Bangkok 


Terakhir, ciri-ciri ayam bangkok super dinilai dari aspek kaki dan sisik ayam. Sisik kaki ayam yang memiliki kelebihan, keindahan dan ketangguhan dengan jumlah barisan yang genap. Misalnya ada 2-3 timbangan yang tersusun rapi. 


Namun jika saat ini sedang mencari ayam jenis ini cukup sulit, karena rata-rata ada yang patah baik di tengah maupun di atas. Lebih bagus lagi jika sisik jari kaki juga retak. Mungkin dari sobat ada pendapat lain tentang pengiriman kami di atas. 


ayam bangkok 


Adanya perkembangan dunia ayam bangkok yang cukup pesat membuat kreativitas para raiser dalam kawin silang agar mendapatkan anak ayam yang super. 


Hal ini tidak terlepas dari adanya galur baru dengan karakteristik warna bulu yang semakin beragam. Agar Anda semua lebih mengetahui detailnya, cukup dengan memperhatikan penjelasan berikut ini: 


Ayam  Wiring  Kuning 


ayam bangkok
Ayam  Wiring  Kuning


Dari tipe pertama, dapat diketahui secara detail antara rambut dasar dan rambut mentah. Umumnya wirkun didasarkan pada warna bulu dasar hitam, kemudian kesempurnaan bulu rawis kuning cerah. Sedangkan pada bagian ekornya terdapat campuran warna hitam putih dan hitam polos saja. 


Bagi yang memiliki karakter tembus pandang, hal ini ditandai dengan bulu yang menutupi tubuh, paha dan dada, leher yang hampir mendekati warna rawis. Ini akan memudahkan sobat untuk memahami jenis kabel kuning. 


Ayam Bangkok Putih and Blorok 


ayam bangkok
Ayam Bangkok Putih and Blorok 



Mungkin jenis bangkok asli atau klasik yang memiliki warna putih cukup sulit ditemukan, apalagi saat berburu di pasar ayam sekaligus. Kenapa bisa begitu? Salah satu faktornya adalah sedikitnya karena perkawinan silang yang menghasilkan keturunan genetik yang lebih sedikit. Oleh karena itu, warna putih ini berkurang secara signifikan. 


Blorok adalah ayam bangkok yang warna bulunya memiliki 3-5 jenis kombinasi bulu. Misalnya putih, kuning, merah dan hitam. Sehingga di tubuhnya terdapat berbagai kolaborasi warna yang kemudian orang mengenalnya dengan nama Blorok. Ada juga blorok klasik yang cukup banyak seperti madu, gondang, abu-abu dan lain sebagainya. 


Bangkok Chicken Lar Beetle/Jragem 


ayam bangkok
Bangkok Chicken Lar Beetle/Jragem



Jenis ayam bangkok super selanjutnya adalah jragem atau disebut juga dengan kumbang lar. Ciri utamanya terletak pada kombinasi bulu hitam yang menonjol dengan rona kehijauan/kebiruan yang mengilap. Oleh karena itu disebut ayam lar kumbang. 


Seperti jenis putih, jragem di Nusantara rata-rata juga memiliki rawis leher merah yang berwarna hitam kemerahan. Jadi untuk mencari yang full dark memang sangat sulit, meski di sana biasanya dibandrol dengan harga yang cukup fantastis. Memang hatchling kumbang banyak diminati oleh banyak penghobi karena tampan dan menunjukkan kegagahannya. 


Ayam Wiring Galih 


ayam bangkok
Ayam Wiring Galih 


Selanjutnya adalah ayam wiring galih, yang mungkin membingungkan bagi penghobi baru. Karena dari fisiknya hampir menyerupai jenis kumbang lar. Namun, ada ciri-ciri tertentu bagi sobat untuk bisa membedakannya. 


Yang pertama adalah menambahkan bulu hitam pada pangkal leher dan belakang leher serta punggung berwarna merah agak kecoklatan. Selain itu, warna mata, paruh, kaki, dan kukunya berwarna hitam pekat. Jadi ules secara keseluruhan bisa dikatakan tembus pandang. Nah mungkin akan sangat mudah untuk mengenali ayam galih dari ciri fisiknya. 


Klawu/Ayam Abu-abu 


Klasifikasi selanjutnya adalah ayam bangkok abu-abu atau klawu. Seperti yang kami sebutkan, warna bulu burung ini memiliki dasar abu-abu, tetapi dari jenis rawis ada beberapa variasi. Misalnya klawu geni, ketiak dan putih. 


Jadi untuk penyebutan dark ternyata masih ada lanjutannya. Jadi sesuaikan saja dengan warna rawisnya agar sobat tidak salah sebut. Misalnya, klawu geni yang rawis berupa warna kuning, jingga dan abu-abu kera, bercirikan perpaduan rawis yang identik dengan warna coklat kemerahan atau lebih gelap dari warna dasar bulunya. 


Ayam Bangkok Jali/Lurik Sekul 


Selanjutnya, kita mungkin sering bertemu di sekitar kita dari warna yang khas. Selain sering disebut lurik sekul, unggas ini juga dikenal dengan nama blirik, namun keunikan dari ayam bangkok yang satu ini cukup unik. 


Ciri utama ayam jali adalah warna bulunya dengan bintik-bintik yang berpadu antara putih, hitam, merah dan kuning.

Post a Comment for "Ayam Bangkok Super Kualitas Dan Jenisnya"