Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ikan Hias Mas Koki Ekor Ganda

Ikan Hias Mas Koki Ekor Ganda


Ikan Hias Koki Ekor Ganda | Masih merupakan lanjutan dari ulasan mengenal jenis ikan hias dengan mudah, setelah pada postingan sebelumnya sudah mengulas tentang jenis ikan mas ekor tunggal. Pada artikel kali ini kita akan mengulas tentang jenis-jenis ikan hias mas koki ekor ganda seperti yang tertulis pada judul postingan diatas. 


Seperti halnya penjelasan jenis ikan mas ekor tunggal, penjelasan ini juga akan mengulas beberapa jenis ikan hias yang termasuk dalam kriteria ekor ganda. Penulis berharap artikel ini dapat membantu Prupus semua, dalam memahami dunia ikan hias, khususnya ikan mas ini. 


Baiklah tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak ulasannya.


3 Jenis Ikan Hias Mas Koki Ekor Ganda


Ikan Huas mas koki wakin



Ikan hias mas wakin sudah ada dan dipelihara di Jepang hampir 500 tahun yang lalu, dalam perkembangannya ikan ini kurang populer bahkan sangat jarang diminati. Meskipun ikan ini sangat cantik, namun tidak kalah dengan ikan hias mas koki lainnya. 



Baru belakangan ini ikan mas koki banyak diburu oleh para penghobi, selain karena keindahannya, penyebab lain dari naiknya popularitas ikan mas koki ini adalah karena ikan mas wakin memiliki perilaku yang ramah. Keramahan nya sangat menghibur ketika ada yang mau memberi makan ikan mas ini. Dia akan muncul dari akuarium atau kolam dan menunjukkan dirinya lalu mendekati orang yang ingin memberinya makan. 



Postur tubuh ikan hias mas koki yang sloping mirip dengan ikan mas komet. sedangkan bentuk ekor ikan ini berbeda dengan ikan mas komet. Sirip ekor ikan hias mas koki seperti kipas, memiliki sirip yang tidak terlalu panjang, dan ikan mas koki ini bisa tumbuh sangat besar hingga berukuran 18 inchi jika ikan ini dipelihara di kolam yang besar. Warna ikan mas koki bisa bermacam-macam, namun warna utama ikan ini adalah merah cerah dan putih bersih. biasanya pola warna yang terbentuk sangat menarik dan mencolok jika dilihat dari atas. 



Ikan hias mas koki wakin banyak ditemukan di kolam, karena ikan ini termasuk ikan kolam terbaik. Namun, ikan mas juga bisa dipelihara di akuarium yang tentunya harus memiliki kapasitas volume air yang tinggi, negligible mampu menampung 20 galon air. Ikan hias mas koki wakin merupakan ikan yang sangat tangguh, karena dapat bertahan hidup di kolam yang beku, bahkan dapat berenang di bawah lapisan es. Tentu saja, posisi kolam beku atau lapisan es yang dimaksud masih memiliki noda yang memungkinkan ikan untuk bernafas. 



Untuk menghias akuarium, Anda bisa menggunakan tanaman plastik yang lebih mudah didapat. Atau Anda juga bisa membeli tanaman yang memiliki ketahanan terhadap suhu rendah. ini merupakan tindakan penyesuaian terhadap environment yang disukai spesies ikan hias mas koki wakin, yaitu suhu dingin. Tumbuhan lumut jawa sangat cocok untuk budidaya ikan mas wakin karena dapat berfungsi sebagai tempat persembunyian benih (anakan ikan). 



Pergerakan ikan mas wakin sangat cepat meski tidak terlalu agresif. Jika ikan yang berkarakter lamban dimasukkan ke dalam kolam, maka dipastikan yang lamban tidak akan mendapatkan jatah makanan. Ikan mas wakin ini bisa dicampur dengan ikan mas shubunkin, ikan mas komet atau ikan koi karena memiliki kecepatan yang sama dalam memperebutkan makanan. 



Makanan favorit ikan hias mas koki wakin cenderung berbahan dasar nabati atau rendah lemak, baik pelet, serpih, atau makanan beku. Nafsu makan ikan mas sangat besar, ikan ini juga sangat suka makan bunga lili, bahkan tidak menutup kemungkinan saat ikan ini lapar hiasan tanaman hidup di aquarium atau kolam bisa dimakan. Untuk itu jumlah pakan harus sesuai dengan kebutuhan ikan mas koki ini, namun juga harus disesuaikan dengan suhu air kolam atau akuarium.



Ikan mas koki jikin

ikan hias
Ikan mas koki jikin




Ikan mas saat ini masih jarang ditemukan, ikan mas jenis ini merupakan pengembangan dari ikan mas wakin. Penampilan ikan mas koki sangat mencolok, mudah dibedakan dengan ikan mas lainnya, karena ikan mas jenis ini memiliki sirip ekor yang mewah seperti burung merak. sehingga banyak juga orang yang menyebut ikan ini sebagai ikan mas ekor merak. 


Dilihat dari belakang sirip ekor ikan mas koki terlihat seperti huruf "X" dengan empat bagian. Semua sirip pada ikan mas berpasangan sempurna kecuali sirip punggung. Ikan jikin juga memiliki bentuk tubuh yang sloping dengan daya tahan yang sedikit lebih kuat dari ikan mas biasa. 


Ikan mas jikin umumnya berwarna belacu, yaitu merah dan putih pada tubuhnya. Seperti jenis ikan mas lainnya, ikan mas ini juga memiliki kualitas tersendiri. Dan kualitas tinggi pada spesies ini adalah yang memiliki warna tubuh putih bersih, sedangkan sirip, bibir dan pelat insang berwarna merah. Semakin cerah warna merah yang terdapat pada sirip, bibir atau pelat insang, semakin tinggi kualitasnya. 


Untuk media pemeliharaan ikan mas bisa di kolam taman atau bisa juga didesain. mengingat ikan mas jikin jarang bisa tumbuh lebih besar dari 9 inci. 



Kebutuhan kapasitas volume air untuk pemeliharaan ikan mas jikin ini, sama seperti ikan mas lainnya membutuhkan negligible 10 galon. Dengan volume air ini, diharapkan kondisi udara tidak cepat tercemar karena banyaknya sampah. 



Pada bagian bawah media baik akuarium maupun kolam sebaiknya diberi substrat, hal ini selain dapat memberikan kenyamanan pada ikan, substrat ini juga dapat digunakan sebagai tempat bertelur atau benih yang baru menetas. 



Ikan mas juga kurang tahan terhadap suhu rendah, tidak seperti ikan mas lainnya, yang sebagian besar tahan dingin. Dan hampir semua jenis pakan diterima oleh ikan mas, ikan ini tidak rewel atau pilih-pilih makanan. yang terpenting semua makanan untuk jenis ikan ini tidak banyak mengandung lemak. 



Selain serpih atau pellet, ikan mas juga perlu diberi pakan nabati, agar ikan ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Yang perlu diingat juga takaran makanan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan suhu air dalam media. 



Di period sekarang ini, varietas ikan mas jikins ini sudah banyak berkembang. Hasil persilangan ikan jenis ini dengan ikan mas lainnya telah banyak melahirkan varietas baru salah satunya aquarist alphaster yang telah menyilangkan ikan jenis ini dengan ikan mas Philadelphia shroud tail mampu melahirkan ikan mas jikins. dengan model sirip ekor yang lebih panjang yang terurai indah. 



Demikian Prupus, ulasan tentang jenis ikan mas ekor ganda ini, atas segala kekurangan dan kesalahannya, penulis mohon maaf. Terus berkarya salam P R U P U S selalu untuk kalian semua.




Ikan mas koki ekor kipas

ikan hias
Ikan mas koki ekor kipas



Sangat disarankan bagi pemula untuk memilih ikan hias mas koki kipas ini untuk dipelihara, ikan mas jenis ini memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat. Dari beberapa fakta, fanfish mampu bertahan hidup pada suhu mendekati titik beku. Oleh karena itu sangat ideal untuk ikan mas ini dipelihara di kolam. Ikan mas ekor kipas jarang mencapai lebih dari 16 cm/6 inci. Bisa dikatakan lebih kecil dari jenis ikan mas lainnya seperti ikan mas komet yang panjangnya lebih dari dua kali lipat. 



Jika dilihat dari posturnya dengan ukuran seperti ini, ikan hias mas koki kipas juga cocok untuk ditempatkan di akuarium. dengan ketentuan seperti ikan mas lainnya dimana kapasitas air harus lebih dari 10 galon. 



Selain karena ikan mas jenis ini merupakan penghasil limbah yang banyak, ikan jenis ini tidak boleh dipelihara sendiri melainkan harus berkelompok. Tentunya membutuhkan ruang yang luas agar ikan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. 



Pada dasar akuarium sebaiknya ditutup dengan substrat berbutir besar, selain dapat berfungsi untuk menampung kotoran atau kotoran yang berserakan, juga dapat melindungi telur ikan yang mungkin telah bertelur. 



Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan mas yang sangat mudah dikembangbiakkan, dengan pola makan yang baik dan bervariasi maka ikan hias mas koki ini akan terpacu untuk bertelur. Apalagi jika suhu air bisa diatur dengan baik, seperti disetel dalam beberapa bulan suhu dingin lalu dinaikkan perlahan. Sehingga bisa dipastikan dengan kondisi seperti itu ikan hias mas koki betina dewasa akan cepat bertelur dan bisa bertelur di tempat tersebut. 



Ikan mas kipas dikenal karena ekornya yang seperti kipas. Sirip ekor kipas berkualitas tinggi hampir terbelah di akarnya, ikan mas ini hadir dalam beberapa warna berbeda. Di antara mereka ada juga warna metalik, matt atau nacreous. 



Tanaman air yang cocok untuk dipelihara di tangki akuarium ikan mas kipas adalah spesies Crinum, Elodea (Egeria) dan Anubias. 



Atau bisa juga Java greenery, mengingat ikan mas sangat mudah dikembangbiakkan, sehingga sangat cocok untuk ditanam, apalagi jika akuarium atau kolam sengaja diperuntukan sebagai media pemijahan. Karena lumut jawa bisa dijadikan sebagai tempat berteduh benih yang baru menetas agar induknya tidak memakannya. 



Sumber pakan ikan mas kipas semudah ikan mas teropong (Demekin), semua jenis makanan baik pellet, serpih atau lainnya diterima, terutama yang berbahan dasar tumbuhan. 



Dalam pemberian pakan, dosis harus disesuaikan dengan keadaan suhu air di akuarium atau kolam pembesaran. Hal ini perlu dilakukan sebagai tindakan preventif sekaligus kontrol terhadap kesehatan ikan gurame itu sendiri dan juga kondisi media pemeliharaannya.

Post a Comment for "Ikan Hias Mas Koki Ekor Ganda"