Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam Macam Binatang Ternak Yang Menghasilkan

 

Hewan ternak
Macam Macam Binatang Ternak Yang Menghasilkan



Macam Macam Binatang Ternak Yang Menghasilkan | Jenis ternak dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan yang menguntungkan. Bagaimana tidak, hewan ternak akan menghasilkan berbagai hal yang berguna bagi kehidupan manusia, misalnya telur dari ayam yang menjadi makanan sehari-hari banyak orang. 



Selain itu, ternak dan hewan peliharaan juga bisa dijadikan sebagai usaha atau bisnis. Dengan berbagai keuntungan yang diberikan oleh hewan ternak dan hewan peliharaan, tak heran jika Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penghasilan yang cukup melimpah. 



Anda perlu memahami jenis-jenis ternak dan hewan peliharaan. Agar menguntungkan, tentunya Anda perlu mengetahui cara merawatnya dengan baik. Jika tidak, tentu saja Anda hanya akan kalah. 


Manusia mendapatkan makanannya dari tumbuhan dan hewan. Pada zaman kuno, manusia berburu untuk daging hewan. Namun, di zaman current, hewan dibiakkan dan kemudian digunakan untuk keperluan manusia. 


Sejarah Peternakan Dilaporkan dari Ancient History Encyclopedia, manusia pertama kali melakukan peternakan sekitar 10 ribu tahun yang lalu. Pada masa ini manusia mulai membangun peradabannya. 


Mereka yang awalnya berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mendapatkan makanan dengan berburu dan memanen tanaman liar, menjadi ternak dan bertani. Kambing, domba dan sapi dipelihara untuk sumber makanan. Kuda dan keledai dibiakkan untuk membantu pekerjaan manusia. Bahkan gajah, anjing, singa, dan harimau disimpan sebagai senjata di medan perang. 


Ayam 


Jenis ternak pertama yang menguntungkan tentu saja ayam. Bisnis ayam adalah salah satu dari sekian banyak bisnis peternakan yang populer dan menguntungkan. 


Apalagi setiap lapisan masyarakat mengkonsumsi makanan, juga banyak penjual makanan cepat saji yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Sehingga usaha ayam dapat dikatakan memperoleh keuntungan pasar karena tingkat permintaan yang tinggi. 


Sapi 


Keanekaragaman jenis ternak menjadi pilihan para pengusaha besar, selain untung besar, pangsa pasarnya juga besar. Apalagi jika Anda berjualan di musim Idul Fitri, hari-hari besar, dan juga saat haji Idul Fitri atau hari kurban. 


Tak jarang para pebisnis mendulang kesuksesan dan keuntungan besar. Namun dibalik kelebihan tersebut, banyak orang menginginkan sapi yang sehat, terawat dan segar saat dibeli. Maka sudah menjadi tugas penjual atau pengusaha untuk merawatnya dengan baik. 


Ikan lele 


Budidaya ikan lele merupakan jenis ternak selanjutnya yang bisa menjadi pilihan. Ikan lele yang sehat dan terawat memiliki nutrisi yang baik dan omega 3 yang sangat sehat untuk anak-anak. 


Untuk itu, penting untuk mengkonsumsi ikan lele dengan kadar standar, karena dapat meningkatkan kecerdasan otak. Jika ingin dijual untuk dikonsumsi bisa memilih ikan lele. Budidaya lele juga sangat menguntungkan, apalagi lele sangat mudah untuk hidup. 


Burung puyuh 


Jenis hewan lain yang tidak kalah menguntungkan adalah burung puyuh. Burung yang satu ini sering dijumpai karena telurnya yang sering digunakan. Puyuh dapat bertelur hingga 6-7 butir per minggu tergantung pada nutrisi dan kondisinya. Apalagi puyuh mudah dibudidayakan karena termasuk hewan yang tenang. Burung ini biasa ditemukan di persawahan, hutan, atau semak belukar 


Jenis Hewan Ternak yang Menguntungkan 


Kambing 


Kambing sering dijadikan sebagai investasi tersendiri, karena tingginya penjualan kambing. Anda juga bisa memilih beternak kambing jika ingin mendapatkan bisnis yang besar. Jenis ternak ini cukup sering digunakan di Indonesia, termasuk untuk konsumsi pada hari raya Idul Fitri, untuk acara-acara besar seperti kurban, aqiqah dan lain-lain. 


Udang 


Jenis ternak yang menguntungkan selanjutnya adalah udang. Udang merupakan hewan laut yang mudah perawatannya namun tidak membutuhkan modular yang besar. Permintaan pasar yang begitu tinggi menjadikan budidaya udang sebagai bisnis yang menjanjikan. Udang juga digunakan sebagai bahan penyedap makanan pada kerupuk. 


Bebek 


Jenis ternak yang menguntungkan selanjutnya adalah bebek. Hewan unggas ini berbeda dengan ayam karena bebek sering menghabiskan aktivitasnya di tempat-tempat yang mengandung air seperti sungai atau sawah. Hewan ini memiliki ciri khas warna tubuh coklat kekuningan. Ia memiliki paruh dan dua kaki. Berkembang biak dengan bertelur. Hewan ini dimanfaatkan dengan cara diambil daging dan telurnya. 


Jenis Hewan Peliharaan yang Aman 


Ikan hias 


Bukan rahasia lagi jika ikan hias memiliki harga yang selangit baik dalam modular usaha maupun modular usaha. Namun ketika bisnis Anda mulai besar, ikan hias bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan, apalagi jika jenis ikan hiasnya banyak, baik dari harga pasaran menengah hingga tinggi. 


Bisnis ikan hias ini memang lebih ke hobi, sehingga agak sulit mempopulerkan bisnis ini. Namun jika Anda bisa menguasai pasar, maka Anda akan meraup keuntungan yang besar. 


Kucing 


Siapa yang tidak suka kucing, mungkin sebagian orang tidak bisa memelihara kucing karena alergi. Selain itu, kucing merupakan salah satu hewan yang tingkat usahanya menghasilkan pendapatan yang tinggi. 


Meskipun sebagian orang menentang, dan bagi umat Islam sendiri kucing tidak boleh diperjualbelikan. Tapi setidaknya usaha sampingannya sudah memadai, seperti jualan pakan, kandang dan lain-lain. 


Hamster 


Beberapa tahun yang lalu bisnis hamster sedang ramai, dimana awalnya hewan peliharaan ini sangat mudah hamil dan melahirkan anak yang cukup banyak. Dari kemudahan pengembangbiakan, penjualan hamster mulai marak dan meningkat di pasaran. Banyak orang memilih hamster karena ukurannya yang cukup kecil dan tidak memakan banyak tempat atau biaya untuk merawatnya. 


kelinci 


Jenis hewan peliharaan selanjutnya yang aman untuk dipelihara adalah kelinci. Kelinci sangat populer dan banyak dipelihara, meskipun banyak yang kesulitan mempertahankannya agar tetap hidup dalam waktu lama. Anda juga bisa menjadikan pengembangbiakan kelinci sebagai pilihan, meskipun agak sulit untuk diterapkan. 


Anjing 


Salah satu jenis hewan yang aman untuk dipelihara adalah anjing, terutama anak-anaknya. Doggy atau anak anjing memang sering digeluti, terutama bagi mereka yang menyukai hewan peliharaan. Tentu keuntungan jual beli anjing tidak dikatakan, sangat menguntungkan.

Post a Comment for "Macam Macam Binatang Ternak Yang Menghasilkan"