Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Batang Pohon Kelapa

pohon kelapa
Manfaat Batang Pohon Kelapa




Manfaat Batang Pohon Kelapa | Pohon kelapa memiliki nama latin Cocos nudifera l. Tanaman ini tumbuh berkelompok seperti kebun dan sangat cocok untuk daerah tropis. Tak heran jika banyak pohon kelapa yang tumbuh subur di negara kita. Menurut penelitian, luas perkebunan kelapa di Indonesia sekitar 3,71 juta hektar dan ini merupakan information yang diperoleh pada tahun 1995. 



Batang kelapa banyak digunakan sebagai pengganti kayu yang lebih baik. Hal ini dikarenakan kayu dari batang kelapa memiliki tekstur yang kasar dan tahan lama. Selain itu, penanaman batang kelapa juga sering dijumpai di pinggir pantai sehingga membuat suasana pantai semakin asri. Beberapa keuntungan memilih menggunakan batang kelapa ini adalah sebagai berikut: 
br />

  • Batang kelapa yang digunakan sebagai kayu konstruksi memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan kayu gelondongan lainnya, misalnya kayu cendana dan kayu jati. 

  • Jika diolah dengan baik, kualitas kayu kelapa ini akan sama dengan jenis kayu lain yang lebih baik. 

Batang kelapa memiliki keunikan tersendiri yaitu batang kelapa memiliki sel-sel pembuluh yang mengelompok lebih rapat pada bagian ujungnya dibandingkan bagian lainnya. Sehingga kerapatan kayu kelapa berbeda meski berasal dari batang yang sama. Batang ini terlihat indah dengan lingkaran yang mengelilingi setiap batang seperti cincin. 


Pada umumnya batang kelapa ini memiliki breadth yang kecil. Dan pangkal batang pohon kelapa merupakan bagian batang yang withering kuat dan tahan lama. Sehingga banyak yang memilih menggunakan pangkal batang yang akan digunakan. 


Berikut ini adalah ulasan tentang manfaat batang kelapa untuk Anda:

 


Bahan bangunan 



Kayu dari batang kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan bangunan. Namun, untuk membuat bahan bangunan seperti lantai atau dinding dari kayu kelapa, sebaiknya menggunakan pangkal batang yang lebih kaya akan sel pembuluh. Sel vaskuler berfungsi untuk memberi kepadatan pada batang agar lebih kuat saat digunakan. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan bagian kayu yang baik dari batang kelapa adalah: 


  1. Pilih batang kelapa yang tingginya 6,6 meter dikurangi panjang batang dengan pelepah withering bawah. 

  2. Batang kelapa yang digunakan sebagai bahan konstruksi juga memiliki panjang dolok maksimal lima meter. 

  3. Batang kelapa harus lurus dan berdiameter maksimal 30 sentimeter. 

  4. Untuk kulitnya sendiri, pilihlah kulit dari batang kelapa yang tidak dikupas. 

  5. Tidak ada simpul dan memiliki kayu tahan lama alami yang tidak terlalu tahan lama. 


Jika sudah menemukan ciri-ciri batok kelapa seperti di atas, bisa diolah untuk dijadikan bahan konstruksi. Ingatlah bahwa pilihan yang tepat akan lebih menguntungkan Anda di masa depan. 



perabot rumah tangga 



Furnitur rumah tangga bisa berupa lemari, meja dan kursi. Perabotan rumah tangga pada umumnya memiliki fungsi sebagai penghias ruangan. Dan dengan hadirnya furniture rumah tangga dapat menjadi penghias sekaligus tempat meletakkan dan menyimpan barang-barang yang lebih terstruktur. Setiap rumah yang seolah-olah memiliki furnitur juga terlihat lebih indah daripada rumah yang tidak memiliki furnitur di dalamnya. 


Pembuatan perabot rumah tangga yang baik biasanya berasal dari kayu yang berkualitas. Semakin tinggi kualitas kayu, semakin mahal harga furniturnya. Contoh kayu yang dapat digunakan untuk membuat perabot rumah tangga adalah batang kelapa. 


Batang kelapa yang akan digunakan sebagai perabot rumah tangga hampir sama dengan bahan bangunan. Harus kuat dan aman mengingat tidak semua batang kelapa memiliki sel pembuluh yang lebih padat dari yang lain. 



Umur batang kelapa yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan perabot rumah tangga adalah 60 tahun ke atas. Karena joran jenis ini sudah tua, Anda bisa melihatnya dengan lebih teliti. Selain itu, pastikan untuk menggunakan peralatan keselamatan yang lengkap untuk melindungi diri Anda. 



Manfaat lain dari batang kelapa dapat digunakan sebagai alat bantu. Pemilihan kayu dari batok kelapa untuk dijadikan alat hampir sama dengan perabot rumah tangga. Pilih kayu yang memiliki kepadatan yang cukup. Sehingga awet dan kuat saat dijadikan alat. 



Barang kerajinan 



Karena bentuknya yang unik, batok kelapa juga bisa dijadikan barang kerajinan untuk oleh-oleh. Keepsake berbahan batok kelapa bisa berupa miniatur gambar dari buah kelapa itu sendiri. Jadi kesannya sangat indah ketika ada miniatur batok kelapa dan pantai menikmati dusk. Selanjutnya, kerajinan yang terbuat dari batok kelapa adalah wayang. Patung-patung yang terbuat dari kayu bisa dipilih dari batang kelapa yang memiliki kualitas bagus. 



Sehingga hasilnya tidak mengecewakan. Dan barang yang terbuat dari batok kelapa sebagai kerajinan tangan lebih awet dan tahan banting. Tidak sedikit yang jatuh cinta dengan karya seni patung, lukisan yang dibentuk oleh seniman hingga menyerupai sebuah karakter atau bisa juga berupa sesuatu yang menarik seperti gantungan kunci. Meski terlihat sederhana, namun bagi para explorer, barang kerajinan ini bisa menjadi incaran mereka sebagai kenang-kenangan. Apalagi yang membeli kerajinan tersebut adalah turis asing yang sedang berlibur. 



Arang 



Selanjutnya, manfaat batang kelapa adalah dapat digunakan sebagai arang. Arang berguna sebagai programming interface saat memasak di dapur menggunakan batu. Arang berwarna hitam saat mati dan merah saat menyala. Untuk membuat arang dari batang kelapa, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih batang kelapa kering. Batang kelapa kering memudahkan compositions pembakaran sehingga berubah menjadi arang. Kemudian tambahkan sedikit minyak tanah agar apinya cukup untuk membakar batang kelapa menjadi arang. 


Pupuk tanaman 



Tanaman membutuhkan pupuk untuk bertahan hidup sebagai makanan bagi mereka. Manfaat lain dari kayu batang kelapa adalah sebagai pupuk tanaman. Cara menjadikan tempurung kelapa ini sebagai pupuk tanaman cukup dengan mengambil serbuk dari pelepah kelapa yang digergaji. Kemudian berikan pada tanaman di sekitar tanah tempat tumbuhnya. Dan jika dikurangi bisa ditambah lagi agar pertumbuhan tanaman lebih baik. 



Sebagai jembatan penyeberangan 



Pernahkah Anda menyeberangi sungai di atas pohon kelapa? Biasanya jembatan dari batok kelapa banyak dijumpai di daerah seperti desa. Dimana terdapat dua batang kelapa dengan ukuran yang sama yang ditidurkan persis sesuai dengan lebar sungai untuk menjadi jembatan penghubung. Biasanya batang kelapa ini juga diikat dengan bone agar lebih kuat dan tidak goyang. Juga terkadang diberikan pegangan tangan karena melintasi jembatan penyeberangan juga sedikit menakutkan bagi anda yang belum terbiasa. 



Bahan dasar pembuatan kertas 



Manfaat batang kelapa yang terakhir adalah sebagai bahan dasar pembuatan kertas. Kertas berguna sebagai alat untuk menulis sebuah customized organization dan akan bertahan selama disimpan dengan baik dan tidak hilang. Kayu banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kertas. Dan umumnya karena harga kayu yang biasa digunakan sebagai bahan dasar kertas mahal karena sebagian harus diekspor dari luar, maka muncullah ide untuk mencoba menggunakan stik dari kayu kelapa. Ternyata kualitas kayu kelapa tidak kalah kualitasnya dengan kayu lainnya. 



Belum lagi harga kayu kelapa lebih murah karena tidak melalui compositions ekspor. Hal ini dikarenakan batang kelapa sangat mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Meskipun untuk menggunakannya membutuhkan kayu dari batang kelapa dengan umur yang cukup panjang yaitu 60 tahun. 



Itulah beberapa manfaat yang diperoleh dari batang kelapa untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari bagi kita semua.

Post a Comment for "Manfaat Batang Pohon Kelapa"