Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Ciri Ayam Bangkok Berkualitas Dan PerawatanNya

ayam bangkok
Ciri Ciri Ayam Bangkok Berkualitas Dan PerawatanNya


Ini adalah artikel lama tentang ciri ciri ayam bangkok berkualitas. Tulisan ini menjelaskan tentang ciri-ciri fisik ayam aduan atau ayam bangkok yang baik. Kenapa ayam bangkok? Karena biasanya ayam aduan berasal dari jenis ini, meskipun mungkin berbeda untuk beberapa daerah, seperti di Bali. 


Ayam bangkok memiliki tampilan yang menawan dari segi fisik, namun dari segi aduan, ayam bangkok tidak jauh berbeda dengan ayam kampung (lokal) biasa karena bervariasi. 


Yang jauh berbeda dengan ayam bangkok jelas fisik, mental aduan dan tenaga yang baik serta pukulan telak. Jika dilihat dari segi mental, ayam kampung biasa tidak sehebat ayam bangkok karena biasanya ayam kampung sering berani dan tidak. 


Ketika mereka berada di kejauhan, ayam lokal biasanya menunjukkan keberanian, tetapi ketika mereka mendekat, pukulan dilakukan dengan cara yang hampa. Peck berlari berulang-ulang seperti itu. 


Jika Anda menemukan model ayam bangkok yang mirip dengan ayam buras dari sudut pandang mental, sebaiknya singkirkan ayam jenis itu. Selain tidak enak untuk aduan, ayam model akan merusak mental petarung ayam bangkok lainnya. 


Yang terpenting dari ayam aduan atau ayam bangkok adalah penampilan fisiknya. Kita harus pandai mengamati fisik ayam aduan yang akan kita gunakan dalam pertarungan nanti. Ciri fisik dapat dijadikan tolak ukur untuk menilai kekuatan dan teknik bertarung ayam. 


Untuk menilai ayam aduan calon juara, bisa dilihat dari wajahnya. Wajah ayam harus tebal agar bisa menahan pukulan. Kelemahannya mungkin sedikit kurang gesit. 


Selanjutnya, perhatikan tulang leher (gulu, dalam bahasa Jawa). Leher ayam calon juara harus kencang dan besar. Ciri ini menandakan bahwa ayam kuat terhadap kail lawan dan kuat menahan pukulan. 


Ayam aduan yang baik harus memiliki tubuh berbentuk botol atau jika tidak melengkung (bonjor) tetapi padat dengan tulang yang besar. Tulang di dada tebal dan besar. 


Selanjutnya juga terlihat brutu atau tulang ekor. Ayam aduan calon cawata harus memiliki brutu (bokong) yang besar dan urang cakar yang rapat menandakan pukulan yang keras. 


Dari keadaan bulu, calon juara harus memiliki bulu super dengan bentuk sayap yang rapat, panjang dan rapi serta warna rawis tembus ke bagian belakang ekor. Bulu sayap jantung dan bulu ekor tidak berbentuk kerucut. 


Ciri fisik lain yang withering diperhatikan adalah sisik pada kaki ayam. Theme sisik ayam dipercaya menunjukkan kemampuan bertarungnya. Skala yang berbeda juga dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan bertarung ayam. 


Sisik yang kering, melebar ke samping tidak melebar ke depan dan kaki yang panjang merupakan jenis ayam yang baik. 


Beberapa mitos salah satunya menyebutkan bahwa sisik yang memiliki celah (biasanya di tengah) yang menghalangi garis atas ke bawah akan membawa sial, yaitu "mata tertusuk" (pileng) baik terkena ayam jalu (taji) atau sayap . 


Intinya, ayam aduan khususnya ayam bangkok sebagai calon juara akan sangat mudah dikenali dari beberapa ciri fisik yang ada pada tubuhnya. Jika Anda sudah lama bergelut di bidang ayam aduan, Anda akan dengan mudah menentukan ayam mana yang bagus dan mana yang kurang bagus untuk dijadikan aduan. 


Cara merawat ayam jago, ayam bangkok merupakan ayam aduan yang withering populer diantara jenis ayam aduan lainnya, mungkin karena performanya yang sangat bagus saat bertarung, namun tidak semua ayam bangkok bagus di Indonesia, ayam ini banyak disilangkan dengan ayam kampung. 


Sehingga keturunan yang dihasilkan sangat berbeda dari segi fisik dan cara bertarungnya. Ayam bangkok yang masih asli biasanya disebut Bangkok Thai Chicken, Dinamakan demikian karena ayam ini berasal dari Thailand, itulah yang membuat harga ayam bangkok menjadi mahal. 


Cara Melatih Ayam Bangkok Hebat 


Setiap ayam bangkok memiliki gaya bertarungnya masing-masing, gaya yang dihasilkan sesuai dengan garis keturunannya, beberapa gaya bertarung adalah ngalung, hit run, menyelinap, dan berpura-pura lemah. Untuk menghasilkan ayam bangkok yang baik, peternak biasanya melakukan latihan. 


Latihan ini dilakukan pada umur ayam 6-7 bulan, biasanya pada umur tersebut ayam mulai tampak bulu merah atau hijau mengkilat dan masih belajar berkokok pada tahap tersebut yang sangat cocok sebagai tempat latihan. 


Cara Memilih Anak Ayam Bangkok Berkualitas 


Nah bagi anda yang baru mengenal dunia ayam bangkok alangkah baiknya jika anda mengetahui lebih jauh mana ayam bangkok yang asli dan mana yang tidak agar anda tidak kecewa saat membelinya dipasaran. Berikut ciri-ciri ayam bangkok yang wajib Anda ketahui. 


Ciri-ciri Ayam Bangkok Berkualitas 


  • Tubuh langsing, lurus dan tinggi. 

  • Kepalanya berbentuk seperti burung jalak. 

  • Lehernya lebih panjang dari ayam biasa. 

  • Bagian atas paruh memiliki garis tengah seperti elang. 

  • Mata bulat dan jernih, sedikit ke dalam. 

  • Tulang alis yang menonjol. 

  • Tulang kaki berbentuk bulat. 

  • Tulang leher tersusun rapat, panjang dan besar. 

  • Kaki memiliki sisik kering besar, jari kaki panjang dan lutut menonjol ke belakang. 

  • Tulang tubuh di dada besar, tebal dan memanjang dari dada ke tulang belakang. 

  • Tulang tubuh rapat, kuat dan keras, terutama pada tulang penghubung antara tubuh dan ekor. 

  • Ciri-ciri Ayam Bangkok Dewasa Berkualitas 

  • Pada tengkorak dan tulang besar. 

  • Bulunya mengkilat dan agak kaku pada sayap dan ekornya. 

  • Kepalanya seperti buah pinang. 

  • Mata cekung, soiling ke dalam dan jernih. 

  • Paruhnya besar, kuat, melengkung dan memiliki lekukan dari hidung hingga wajah. 

  • Lubang hidung masuk. 

  • Memiliki sisik kasar dan besar pada kaki. 

  • Jari-jari kecil, panjang dan kuat. 

  • Saat bertarung pukulannya kuat dan tepat sasaran. 

  • Tulang kencang dan kuat di pangkal sayap. 

  • Bentuk tubuh ayam kokoh dan gagah saat berdiri. 


Cara Merawat Adu Ayam Bangkok 


Merawat ayam sebenarnya mudah, hanya saja butuh keuletan dalam melakukan pekerjaan yang satu ini, banyak orang yang memiliki hobi memelihara ayam namun dalam waktu satu minggu mereka bosan dengan hobi tersebut. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat merawat ayam bangkok. 


1. Mandi 


Untuk mendapatkan fisik ayam yang kuat perlu di mandiin setiap hari di pagi hari. mandi ayam di pagi hari dapat meningkat kan cara bertarung ayam dan performanya di dalam pertadingan 


Jam terbaik untuk memandikan ayam aduan adalah kurang lebih di pukul 08.00 selama tidak hujan. Cara mandi yang benar adalah dengan menggunakan air bersih dari sumur, tidak menggunakan sabun, tidak menggunakan air hangat karena air tersebut dapat merusak jaringan pertumbuhan bulu pada ayam. 


Pegang ayam dengan tenang lalu cuci kepala menggunakan busa yang dibasahi. 


Bilas leher dengan lembut ke pangkal tengkuk. 


Setelah disiram, kemudian cuci leher hingga ujung bawah dengan handuk kering, hal ini dimaksudkan agar kandungan rambut di leher tidak banyak mengandung air yang akan merusak keindahan warnanya. 


Bersihkan region sekitar kloaka hingga benar-benar bersih karena region tersebut banyak kotorannya. 


Cuci sayap, ketiak dan kaki menggunakan handuk kering sampai bersih. 


Terakhir, bersihkan bagian butt ayam. 


Jangan terlalu sering mencuci punggung karena rambut di punggung mudah kusut saat terkena air. 


Dan jangan lupa handuk selalu dibersihkan dan diperas saat mencuci ayam agak kadar airnya tidak terlalu banyak. 


2. Latihan 


Latihan ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan selama dalam permainan. Biasanya para mastah melatih ayamnya dari usia 6-7 bulan sedangkan pada usia 1-5 bulan yang pertama difokuskan pada expositions pertumbuhan tubuh. 


Latihan fisik yang sering akan membuat ayam lebih terbiasa bekerja keras, kuat dan tidak kehabisan nafas selama pertandingan. Latihan fisik dengan dilatih bertarung dengan ayam sejenis atau lokal, latihan setiap pagi juga perlu dilakukan agar otot menjadi lemah dan lentur sehingga mudah untuk menangkis musuh. 


Selain latihan fisik, latihan mental juga perlu dilakukan karena sebagian besar ayam bangkok ini memiliki sifat pundung atau injury ketika dalam pertarungan mengalami kekalahan yang begitu memalukan. 


Latihan fisik biasanya dilakukan dengan berkelahi setiap 3-5 hari sekali, namun perlu diperhatikan bahwa jalu dan paruhnya harus dibungkus untuk menghindari cedera yang berlebihan, hal seperti itu juga dapat menambah kreativitas ayam dalam menyerang. 


3. Memberi makan 


Cara merawat ayam jago, Makan yang di berikan merupakan perawatan segala jenis ternak salah satunya ayam ini. Pakan berfungsi sebagai sumber energi yang berdampak pada perilaku, tingkah laku dan performa ayam aduan. 


Pemberian pakan ayam bangkok yang baik adalah dosis pakan yang di sesuaikan dengan berat ayam tersebut misalnya ayam dengan berat 3-4 kg maka pakan yang harus diberikan adalah 200-300 gram dihitung setiap kali pakan (tidak dalam sehari) . 


Pakan ayam juga harus disesuaikan, biasanya berbeda antara ayam kecil dan ayam besar. Bahkan ayam yang sama-sama dewasa berbeda tergantung keinginan. Jika ingin mengadu, biasanya Anda menambahkan pakan jagung yang masih utuh digantung untuk melatih paruh ayam agar kuat. 


Selain pakan dan suplemen nutrient, kita juga harus memberikan nutrient, suplemen nutrient yang baik adalah pada malam hari karena ayam dalam kondisi tenang dalam kondisi tersebut ayam dapat dengan mudah mencerna nutrient dan suplemen yang nantinya akan meresap sempurna ke dalam tubuh ayam. 


4. Pengeringan 


Setelah selesai mandi yang perlu dilakukan adalah penjemuran dengan cara memasukan ayam ke dalam kandang berbentuk bulat dan jangan lupa untuk meletakkan oh di bagian bawah bisa kayu atau batu, hal ini bertujuan agar ayam tidak berguling-guling. dan menjadi kotor lagi. 


Penjemuran dilakukan sampai pukul 10.00 saja karena pada saat itu sinar matahari mengandung nutrient D dalam bentuk inaktif yang sangat membantu dalam expositions pertumbuhan tulang dan rambut. "Tidak di anjurkan masukan ayam kedalam bak atau tempat berisi air untuk memandikan ayam hal itu akan menguragi perfoma bertarung ayam jago.


Artikel lain tentang ayam bangkok bisa di dapatkan di link :  https://abahtani.com/ciri-ciri-ayam-bangkok/



Post a Comment for "Ciri Ciri Ayam Bangkok Berkualitas Dan PerawatanNya"