Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Cupang Koi Termahal 2022

ikan cupang
Ikan Cupang Koi Termahal 2022



Ikan Cupang Koi Termahal 2022 | Ikan cupang kecil dengan warna yang menarik kini menjadi favorit banyak orang. Lima ikan cupang termahal ini dibanderol hingga puluhan juta rupiah. 


Ikan cupang yang juga dikenal sebagai ikan cupang kini kembali populer di Indonesia. Ikan hias ini sangat digemari karena penampilannya yang unik, tidak membosankan, dapat menghilangkan stress, bahkan menguntungkan jika dikembangbiakkan. 


Di antara semua spesiesnya, ada beberapa jenis ikan cupang yang dipatok dengan harga tinggi. Bahkan ada yang setara dengan harga engine baru lho! 


Penasaran seperti apa ikan cupang yang dimaksud? Yuk, simak jenis ikan cupang yang ada di Indonesia berikut ini! 


Di antara penggemar ikan hias, ada 3 jenis ikan cupang. Ikan cupang hias, ikan cupang adua dan ikan cupang liar. Sedangkan ikan cupang asli Indonesia adalah Betta channoides dari Pampang, Kalimantan Timur. 


Beberapa waktu lalu netizen dihebohkan dengan kabar seorang istri menggoreng ikan cupang peliharaan suaminya sehingga menjadi remuk. Ikan cupang utuh dibungkus adonan tepung lalu digoreng kering, seperti rempeyek kacang. 


Rupanya sang suami sedang bertugas di Papua dan ingin memberikan kejutan untuknya. Ternyata bukan ikan cupang peliharaan mahal milik suami yang digoreng. Tapi ikan cupang biasa. Karena ikan cupang harganya bisa sama dengan sepeda engine per ekor 


Dilansir dari berbagai sumber, beberapa jenis ikan cupang mendapat julukan sebagai ikan cupang termahal. Karena keragamannya dan terutama karena warna sisik dan ekornya yang indah. Rangkullah warna-warna indah di akuarium dan memikat mata 


8 Jenis Ikan Cupang Koi Termahal 2022


1. Ikan cupang telinga besar/dumbo 


Ikan cupang telinga besar/dumbo
Ikan cupang telinga besar/dumbo 



Seperti namanya, ikan cupang kuping besar yang juga dikenal sebagai pulsa dumbo ini memiliki sirip depan yang besar sehingga terlihat seperti kuping gajah. Mereka adalah jenis cupang silang yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. 


Ikan cupang kuping besar biasanya dijual hingga Rp. 400 ribu di commercial center Indonesia. Harganya bisa bervariasi tergantung kondisi ikan, gaya, dan keunikannya. Dengan harga yang kurang lebih sama, Anda juga bisa mendapatkan beberapa jenis cupang lainnya. Misalnya ikan cupang slayer, crowntail, dan sebagainya. 


2. Ikan Cupang Kachen Worachai 


Ikan Cupang Kachen Worachai
Ikan Cupang Kachen Worachai 



Ikan cupang jenis ini, Betta splendens, dinamai menurut pemiliknya, Kachen Worachai, dari Bangkok, Thailand. Warna merah, biru dan putih dari ikan ini mirip dengan bendera Thailand. 


Tubuh ikan berwarna biru dengan garis putih memanjang pada perut dan warna merah sejajar pada sirip bawah. Ikan ini menjadi pembicaraan di tahun 2016. 


Pasalnya, ikan cupang yang dilelang secara online saat itu dijual seharga US 1.530 atau setara dengan Rp. 20 juta. Atau sekarang harganya setara dengan Rp. 22,6 juta. Saat itu ikan cupang ini mengagetkan para pecinta ikan hias karena harganya yang fantastis untuk seekor ikan kecil yang cantik 


3. Ikan Cupang Mewah 

Ikan Cupang Mewah
Ikan Cupang Mewah 



Ikan cupang jenis ini memiliki sirip pendek dan karena anakan sudah mahal, Rp. 200.000 per kepala. Keindahan ikan ini terletak pada gradasi warnanya yang sangat indah karena merupakan 3 dimensi warna. Keindahannya terlihat saat ikan ini berlenggak-lenggok di dalam akuarium. 


Sesuai dengan namanya yang mewah, warna merupakan kelebihan dari ikan ini. Saat dewasa, ikan cupang mewah ini bisa dijual hingga Rp. 2.000.000 per kepala. Orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmati keindahan warnanya. 


4. ikan cupang raksasa 

ikan cupang raksasa
ikan cupang raksasa


Selanjutnya ada ikan cupang raksasa. Jenis ini banyak ditemukan di sungai dan danau Thailand, lho. Seperti namanya, ukuran tubuh cupang yang satu ini dua atau tiga kali lebih besar dari jenis lainnya. 


Mau tahu berapa harga ikan cupang ini? Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 200 sampai Rp. 400 ribu. Kelebihan lain dari ikan cupang raksasa adalah dapat dikembangbiakkan dengan ikan cupang lain untuk menghasilkan keturunan yang unik 


5. Ikan cupang ekor ganda 

Ikan cupang ekor ganda
Ikan cupang ekor ganda



Seperti namanya, ikan cupang ekor ganda dicirikan dengan ekornya yang terbelah menjadi dua. Saat berenang, ekor dan siripnya akan terlihat seperti selendang yang menari-nari di dalam air. Belum lagi, warnanya yang unik menambah pesona cupang ini. 


Sayangnya, twofold tail bukanlah jenis cupang yang mudah didapat. Hal ini juga menjadi salah satu faktor mengapa harganya cukup mahal, yaitu hingga Rp. 2 juta. Namun, Anda bisa mendapatkan anak anjing dengan harga hingga Rp. 120.000 


6. Plakat Ikan Cupang 

Ikan cupang ekor ganda
Ikan cupang ekor ganda


Seperti dua jenis ikan cupang sebelumnya, ikan cupang ini berasal dari Thailand. Namanya 'plakad' dalam bahasa Thailand, artinya air yang berperang. Ikan cupang tergolong dalam jenis aduan. 


Namun, ikan cupang ini tidak kalah menarik dengan bentuk tubuh yang kekar, sirip dan ekor yang pendek dan tumpul. Warna ikan cupang ini cenderung gelap dan memiliki gerakan yang agresif. Harga anak anjing adalah Rp. 60.000 dan mencapai Rp. 2.000.000 untuk cupang plakat juara 


7. Ikan Cupang Ekor Ganda 

Ikan Cupang Ekor Ganda
Ikan Cupang Ekor Ganda 


Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki ekor yang terlihat seperti terbelah dua dengan masing-masing memiliki gradasi warna yang berbeda. Oleh karena itu keindahan warna belahan ekor ini bisa membuat harganya menjadi mahal. 


Ikan cupang jenis ini agak sulit dikembangbiakkan karena tidak mudah ditemukan di pasaran. Selain itu juga rentan terhadap penyakit. Harga ikan cupang ekor ganda Rp 50.000 dan juaranya bisa mencapai Rp 1.200.000 per ekor 


8. Ikan cupang halfmoon 

Ikan cupang halfmoon
Ikan cupang halfmoon


Halfmoon merupakan salah satu ikan cupang yang populer dan disukai oleh para pecintanya. Hal ini karena mereka memiliki sirip dan ekor yang dapat mengembang lebar hingga terlihat seperti bulan sabit. 


Berbeda dengan ikan cupang lainnya yang memiliki warna mencolok, pola halfmoon biasanya lebih netral dan teduh. Misalnya merah tua, putih. biru muda, atau bahkan hitam. 


Ikan cupang yang berasal dari Thailand ini memiliki harga yang cukup fantastis. Harganya mencapai Rp. 3 juta. Bahkan di pelelangan ikan di Thailand, halfmoon berhasil terjual hingga Rp. 8 juta lho. Namun di berbagai commercial center Indonesia, kamu bisa mendapatkan brooder halfmoon seharga Rp. 200 ribu menjadi Rp. 300 ribu. 


Alasan mengapa orang berani membeli ikan ini dengan harga selangit adalah karena warnanya yang menyerupai bendera Thailand. Sentuhan warna biru tua, putih, dan merah yang tampak berjajar rapi di sekujur tubuhnya membuat penampilan Kachen Worachai terlihat unik dan berbeda dari yang lain.

Post a Comment for "Ikan Cupang Koi Termahal 2022"